1. Home
  2. Vol 1, No 1 (2020)
  3. Rahmiati Rahmiati

Peningkatan Pengetahuan Keterampilan Rias dan Busana Fantasi bagi Guru -Guru SLB di Sinjujung dan Dhamasraya untuk Meningkatkan Kompetensi dalam Proses Pembelajaran

  • Abstract Views: 181
  • December 15, 2020
Corresponding Author

Abstract

Permasalahan  yang dihadapi mitra  adalah latar belakang pendidikan guru-guru dari Sekolah  Luar Biasa  tidak pada bidang  tata rias dan kecantikan sehingga dalam proses pembelajaran guru belum mampu untuk membimbing siswa melakukan praktek di bidang tata rias  khususnya rias fantasi.   Tujuan dari kegiatan ini adalah 1) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru SLB tentang rias dan busana fantasi, 2) Meningkatkan mutu proses pengaplikasi kosmetik pada rias fantasi, sehingga dapat bermanfaat dalam proses pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus dalam merias fantasi.   Sasaran mitra PKM adalah guru-guru SLB Sijujung dan Dharmasraya dengan jumlah peserta  15 orang dari lima SLB. Kegiatan ini dilaksanakan di SLB Aisyiyah Sijunjung. Kegiatan ini dilakukan dengan metode ceramah, demonstrasi, dilanjutkan latihan/praktek oleh peserta dengan latihan perkelompok secara bergantian utk meningkatkan keterampilan dan melakukan bimbingan terhadap peserta. Hasil dari Kegiatan ini, (1) peserta telah mampu memahami pengetahuan dan keterampilan dalam merias dan busana Fantasi, (2) Terampil dalam mengaplikasikan make-up fantasi dan busana fantasi, serta mampu mempromosikan keterampilannya untuk dapat dijadikan suatu usaha. Dari hasil sebaran angket yang diberikan kepada peserta pelatihan tingkat capaian  terhadap penyelenggaraan  PKM 77%  dengan kategori  baik, sedangkan capaian terhadap kepuasan peserta terhadap pelatihan  PKM 86 %  dengan kategori sangat puas.

Full Text:

References

Anderson, D., Kleinhammer-Tramill, P. J., Morningstar, M. E., Lehmann, J., Bassett, D., Kohler, P., ... & Wehmeyer, M. (2003). What's happening in personnel preparation in transition? A national survey. Career Development for Exceptional Individuals, 26(2), 145-160.

Astuti, M. (2018). PENINGKATAN KETERAMPILAN RIAS PENGANTIN DAN MAHENDI PADA KELOMPOK SADAR WISATA IKAN SAKTI SUNGAI JANIAH KANAGARIAN TABEK PANJANG, KECAMATAN BASO, KABUPATEN AGAM. UNES Journal of Community Service, 3(2), 181-187.

Blanchett, W. J. (2001). Importance of teacher transition competencies as rated by special educators. Teacher Education and Special Education, 24, 3 – 12.

Hamalik, O. (2002). Pendidikan guru berdasarkan pendekatan kompetensi. Bumi Aksara.

Santosa, Eko. (2008). Seni teater jilid II. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Soerjopranoto, D. M., & Poerwosoenoe, T. (1984). Tata Rias Wajah siang, sore, malam, panggung dan fantasi. Jakarta: Karya Utama.

Nasional, K. P. (2009). Undang-undang sistem pendidikan nasional no 20 tahun 2003. Bandung: Fokus Media.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.